Candi Ratu Boko

Sebelum booming muncul┬ádi film AADC 2, awalnya saya liat┬áCandi Ratu Boko malah gara-gara nonton filmnya Joko Anwar, judulnya “Deadtime: Kala”, disitu cakep banget keliatannya (walopun ga paham sama cerita filmnya sih hahaha). Dari kecil kalo mudik bolak balik Jogja-Prambanan tau candi baru sebatas Borobudur dan Prambanan aja, tapi sejak nonton film itu “WUIH ADA CANDI YANG KEREN BANGET NIH!”, sunset view gimana gitu.

Lalu saya iseng googling cari info lalu jalan sendiri. Iya, literally jalan kaki dari Klaten waktu itu. Dan baru tau kalo ternyata jalannya lumayan nanjak, karena lokasinya di atas bukit. Jaraknya mungkin sekitar 2 KM aja dari Candi Prambanan, tapi saat ini sudah tersedia paketan tiket masuk dan shuttle bus untuk Prambanan – Boko. Untuk tiket masuk Candi Ratu Boko nya sendiri 30rb.

Pengalaman pertama ke Ratu Boko berkesan banget sih, kalo diliat dari bentuk bangunannya beda dari candi lain yang biasanya dipakai untuk ibadah, tapi kalo candi yang satu ini fungsinya seperti tempat tinggal / peristirahatan pada jamannya. Di atas bukit, luas, adem, tenang banget lah pokoknya! lalu kalau sore juga edan sunsetnya. Sejak itu saya jadi suka banget kesini. Nah, awal 2017 ini saya iseng main lagi ke Boko, tapi sayangnya pas lagi mendung jadi kelabu gimana gitu langitnya.

Gerbang ini jadi signature Candi Ratu Boko, posisinya tegak lurus dengan terbenamnya Matahari. kebayang canggihnya ya jaman dulu, dibangun sekitar abad ke-8 batunya diangkat ke atas bukit, disusun, menghadap arah Matahari terbenam, lalu terlihat jelas juga the almighty gunung Merapi, merinding liatnya!

Candi Ratu Boko memiliki beberapa area, salah satunya dinamakan Paseban. Karena berdasarkan analogi dengan bangunan keraton pada masa sekarang. Paseban adalah ruang tunggu bagi tamu yang akan menemui raja.

 

Ada juga kolam pemandiannya!

 

Dari atas sini kita bisa melihat kota Jogjakarta – Prambanan dan sekitarnya dari atas bukit.

 

Camera used:

  • Fuji X-M1

Lens used:

  • Nikon 50mm f/1.8D

Leave a Reply

%d bloggers like this: